Asesmen
Informasi Akademik > Asesmen
Assesmen
Evaluasi Kurikulum
Penyusunan dan evaluasi kurikulum Program Studi S1 Biologi Terapan dilakukan secara berkala untuk memastikan kesesuaian dengan perkembangan ilmu pengetahuan, kebutuhan pasar kerja, serta regulasi pendidikan tinggi nasional. Proses evaluasi ini mempertimbangkan:
-
Regulasi Terkait:
-
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
-
Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Level 6 untuk jenjang Sarjana.
-
Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi berbasis Outcome-Based Education (OBE).
-
-
Masukan Pemangku Kepentingan:
-
Dosen, mahasiswa, alumni, dan pengguna lulusan (industri, lembaga penelitian, instansi pemerintah).
-
Lokakarya dan diskusi kelompok terarah (FGD) untuk menyelaraskan kurikulum dengan kebutuhan pasar kerja dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
-
-
Evaluasi Berbasis Model CIPP:
-
Context: Kesesuaian visi, misi, dan tujuan program studi dengan kebutuhan nasional dan global.
-
Input: Kualitas mahasiswa baru, kualifikasi dosen, dan ketersediaan sarana prasarana.
-
Process: Implementasi pembelajaran, metode pengajaran, dan evaluasi pembelajaran.
-
Product: Capaian pembelajaran lulusan, kualitas skripsi, dan kontribusi lulusan di bidang biologi terapan.
-
Evaluasi Input
Mahasiswa Program Studi S1 Biologi Terapan berasal dari berbagai latar belakang pendidikan menengah atas yang relevan. Seleksi masuk dilakukan melalui evaluasi akademik dan tes kemampuan dasar. Dosen pengajar sebagian besar bergelar magister dan doktor dari perguruan tinggi ternama, dengan keahlian sesuai bidang studi.