Juni 30, 2022 13:41

Peringati Dies ke 32, FMIPA Gelar Osamakom 2021

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lampung (Unila) menggelar Olimpiade Sains, Matematika, dan Komputer (Osamakom) tahun 2021 dalam rangka memperingati Dies Natalis FMIPA ke 32 sekaligus Dies Natalis Unila ke 56.

Dibuka oleh Dekan FMIPA Unila Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, S.Si., M.T., perlombaan ini diselenggarakan dengan melibatkan siswa SMA/MA/SMK sederajat se-Provinsi Lampung yang berjumlah hampir 400 orang.

Pelaksanaan Osamakom 2021 yang diketuai Dr. rer. nat Akmal Junadi, M.Sc., ini terbagi atas dua babak. Yakni, babak penyisihan yang dilaksanakan pada 14 September 2021 dan babak final pada 16 September 2021.

Keduanya dilaksanakan secara full online melalui Zoom meeting. Adapun bidang ilmu yang diperlombakan meliputi Biologi, Kimia, Matematika, Fisika, dan Ilmu Komputer. Meski berlangsung dalam masa pandemi Covid-19, hal itu tidak menyurutkan semangat para peserta untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Usai melalui seleksi kompetitif antarfinalis mulai dari mulai babak penyisihan hingga final, didapat nama-nama pemenang pada masing-masing bidang Osamakom 2021. Pengumuman pemenang dibuka oleh Wakil Dekan 3 FMIPA Unila Dr. rer. nat. Roniyus Marjunus, S.Si., M.Si.

Para pemenang antara lain pada bidang Biologi diperoleh Muhammad Al Ikhsan (SMA S YP UNILA Bandar Lampung) sebagai Juara 1, Juara 2 Ilham Fikri Hamdani (SMA Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro), dan Juara 3 Aulia Zahra Dian Maharani (SMA IT Baitul Muslim).

Bidang Fisika, Juara 1 diraih Razan Danendra Noor Muhammad (SMA Al-Kautsar Bandar Lampung), Juara 2 Abdi Salim Mubarak (MAN 1 Bandar Lampung), dan Juara 3 Muhammad Khairul Dianis Noor (SMAN 1 Metro).

Bidang Matematika yakni, Juara 1 Muhammad Zayyan Putra Akbar (SMAN 2 Bandar Lampung), Juara 2 Alya Najwa Salsabila (SMA Al-Kautsar Bandar Lampung), dan Juara 3 Arya Setia Pratama (SMAN 1 Kalirejo Lampung Tengah).

Bidang Kimia yaitu Juara 1 Nabila Furqona Safaish (MAN 1 Lampung Tengah), Juara 2 Afia Farah Nabila (SMAN 1 Way Jepara), dan Juara 3 Annisa Rizky Waya (SMA S Al-Kautsar).

Bidang Ilmu Komputer yakni, Juara 1 Dafa Farhan Haqiqi (SMAN 3 Metro), Juara 2 Alghoza Hamdani (SMA A Kautsar Bandar Lampung), dan Juara 3 Cakrawangsa Praba (SMA A Kautsar Bandar Lampung).

Selain menerima tropi, para peserta mendapatkan uang tunai untuk program pembinaan siswa. Pemberian tropi dan piala bergilir akan dilaksanakan pada acara puncak Dies Natalis FMIPA ke 32, Senin, 15 November 2021.

Sementara itu, juara umum Osamakom tahun ini kembali diraih SMA Al Kautsar Bandarlampung dengan perolehan medali sebanyak 1 emas, 2 perak, dan 2 perunggu, dan berkesempatan memegang Piala Bergilir Dekan FMIPA selama 1 tahun kedepan. [Humas/Rilis]