Pelatihan Kultur Jaringan Tumbuhan Karyawan KRL oleh Dosen Jurusan Biologi FMIPA Universitas Lampung

[September 2019]. Dalam rangka implementasi Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pengelolaan Kebun Raya Liwa (KRL) Balai Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Lampung Barat dengan Fakultas MIPA Universitas Lampung, maka dilaksanakan kegiatan magang pelatihan kultur jaringan tumbuhan pada 16-20 September 2019 di jurusan Biologi, Fakultas MIPA, Universitas Lampung.

Pelatihan ini dilakukan dengan mengundang 2 orang karyawan UPTD Pengelolaan KRL sebagai peserta, diikuti oleh 4 dosen sebagai pemateri, dan 2 mahasiswa pascasarjana sebagai asisten. Kegiatan ini dilakukan dengan pemberian materi pelatihan yaitu: lay out laboratorium kultur jaringan sederhana, sterilisasi alat, pembuatan media, penanaman eksplan, penyilangan, kultur organ, kultur kalus, aplikasi teknik kultur jaringan dalam bioteknologi tumbuhan, aklimatisasi, serta pengenalan penyakit tumbuhan. Selanjutnya juga dilakukan praktik meliputi: sterilisasi alat, pembuatan media, sterilisasi eksplan, dan penanaman eksplan.


Foto bersama peserta dan dosen pemateri.

Peserta memperhatikan pemaparan materi
Buah anggrek macan dan anggrek Phaius dari KRL sebagai eksplan

Peserta melakukan praktik persiapan sterilisasi alat

Hal ini merupakan kelanjutan penandatanganan kerjasama antara Pemkab Lampung Barat (Lambar) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) dengan  Fakultas MIPA Universitas Lampung pada hari Selasa, 19 Maret 2019. Dalam penandatanganan tersebut Pemkab Lambar diwakili  Asisten I, Ir. Sudarto, sementara dari Unila diwakili Dekan Fakultas MIPA Prof. Warsito, S.Si., Dea., Ph.D.

Kesepakatan kerjasama tersebut terutama di bidang penelitian dan pengembangan khususnya terkait pengembangan KRL, dan juga hal- hal lain seperti misalnya, pengelolaan sampah pengembangan sistem informasi dan lain sesuai dengan bidang MIPA.

Sebelum dilakukan penandatanganan kerjasama tersebut, Jurusan Biologi  Fakultas MIPA Universitas Lampungtelah melakukan penjajakan kerjasama dengan mengirimkan 10 dosen pada hari Sabtu, 8 Desember 2018.Dalam rangka penjejakan kerjasama di bidang penelitian, pendidikan dan pengabdian di bidang Botani ini dipimpin Sekretaris Jurusan, Rochmah Agustriana,  Ph.D berkunjung ke KRL.

Selanjutnya untuk mematangkan rencana kerjasama, tim Fakultas MIPA Unila dan Balitbangda Lampung Barat menggelar pertemuan untuk membahas rencana kerja sama tentang peningkatan fungsi Kebun Raya Liwa (KRL). [M].

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *