Workshop Penulisan Proposal Program Kegiatan Mahasiswa 2019

Narasumber dan sebagian peserta penulisan proposal Program Kegiatan Mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA Unila
[Oktober, 2019]. Jurusan Biologi FMIPA Universitas Lampung mengadakan workshop penulisan proposal Program Kegiatan Mahasiswa Tahun 2019, kegiatan diadakan selama dua hari, 18 dan 21 Oktober 2019 bertempat di ruang LB111 Jurusan Biologi FMIPA Unila. “Tugas Perguruan Tinggi ada tiga, Tri Dharma, Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, salah satu perwujudannya adalah mengikuti program kreativitas mahasiswa (PKM). Jumlah proposal yang masuk ke kita belum sebanding dengan jumlah mahasiswa yang ada, semoga kegiatan ini bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas proposal yang masuk.” ujar Dr. C. N. Ekowati, M.Si., selaku penanggung jawab kegiatan.

Kegiatan workshop dibuka oleh Ketua Jurusan Biologi FMIPA Universitas Lampung, Drs. M. Kanedi, M.Si., dan diikuti oleh mahasiswa Jurusan Biologi mulai dari angkatan 2019, 2018, dan 2017. “PKM adalah program pemerintah yang sangat bagus dan mulia, kita fasilitasi agar mahasiswa yang punya kreativitas bisa terwadahi.” ujar Drs. M. Kanedi, M.Si. dalam sambutannya.

“Secara umum, judul harus menarik, eye catching, harus up to date, dan mengembangkan sumber daya lokal dan nasional, kita rangkum judul-judul yang lolos PIMNAS, seperti itu kiranya judul yang sebaiknya kita ajukan sehingga punya bobot untuk menang.” ujar Prof. Wasinton Simanjuntak, salah satu narasumber. “Rujuk agenda riset nasional, anda bisa pilih yang paling cocok dan anda kenal untuk dijadikan pilihan topik.” lanjutnya.

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah suatu program yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti, bertujuan untuk memfasilitasi potensi mahasiswa Indonesia dalam mengkaji, mengembangkan dan menerapkan ilmu dan teknologi yang didapat dalam perkuliahan pada masyarakat. Penyusunan proposal PKM cenderung menjadi aktivitas mahasiswa di awal tahun ajaran, pengumpulan proposal ke Dikti dilakukan pada awal semester ganjil. PKM terbagi menjadi beberapa bidang, yaitu PKM Karsa Cipta, PKM Kewirausahaan, PKM Penelitian, PKM Penelitian Eksakta, PKM Penelitian Sosial Humaniora, PKM Penerapan Teknologi, PKM Pengabdian Kepada Masyarakat. PKM GT/KT terdiri dari PKM Artikel Ilmiah, PKM Gagasan Tertulis, dan PKM Gagasan Futuristik Konstruktif [D].

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *