Seminar Nasional PBI XXV 2019 di Universitas Lampung

[Agustus, 2019]. PBI Cabang Lampung bekerjasama dengan Jurusan Biologi FMIPA Universitas Lampung menyelenggarakan Kegiatan Seminar Nasional Biologi XXV. Kegiatan seminar yang berlangsung pada 25 – 27 Agustus 2019 ini merupakan agenda dua tahunan dari organisasi profesi Perhimpunan Biologi Indonesia (PBI). Tema yang diangkat dalam seminar ini  adalah “Pemanfaatan Biodiversitas dalam Mewujudkan Biobased Ecogreen”. Tema tersebut diangkat dalam mendukung kegiatan pemerintah dalam menciptakan green revolution, menginformasikan dan mencerdaskan masyarakat mengenai pelestarian lingkungan hidup terutama pemanfaatan biodiversitas di Indonesia, serta mewujudkan komunikasi dan kerjasama antar lembaga dan perguruan tinggi guna melestarikan biodiversitas di Indonesia.

“Seminar dihadiri oleh 142 orang peserta yang berasal dari 13 provinsi di Indonesia. Peserta terjauh datang dari Papua Barat sebanyak 4 orang, Kalimantan Barat 2 orang, Makassar 1 orang, D.I. Yogyakarta 1 orang, DKI Jakarta 8 orang, Riau 5 orang, Jambi 2 orang, Banten 1 orang, Jawa Barat 26 orang, Sumatera Selatan 1 orang, Bengkulu 2 orang, dan sedangkan peserta dari Lampung mencapai 89 orang”, ujar Dr. Herawati Soekardi, Ketua Panitia sekaligus Dosen Purnabakti dari Jurusan Biologi FMIPA Universitas Lampung. Seminar ini juga dihadiri oleh Rektor beserta Dekan FMIPA Universitas Lampung, Empat Kepala Dinas Pemda Lampung, Sekjen Kelembagaan – Kemenristekdikti, Ketua Umum PBI beserta beberapa orang Pengurus PBI Pusat, serta Para Narasumber/Pembicara Utama.

Seminar Nasional Biologi XXV diawali dengan kegiatan fieldtrip melihat keindahan alam Lampung di Pulau Pahawang. Peserta diajak mengeksplorasi kekayaan bawah laut Lampung dengan kegiatan snorkeling serta mengunjungi beberapa gugusan pulau disekitar Pahawang. Kegiatan dilanjutkan dengan makan malam bersama Gubernur Lampung di Mahan Agung. Gubernur yang diwakili oleh Asisten 3 bidang administrasi dan umum, memberikan sambutan sekaligus secara resmi membuka acara Seminar Nasional Biologi XXV.

Pelaksanaan rangkaian acara seminar dilanjutkan di hari kedua dengan acara inti yaitu pemaparan materi oleh keynote speaker, presentasi poster, dan pemaparan makalah oral.  Sesi Pembicara Kunci disampaikan berturut-turut oleh Prof. Ryohei Kada, Ph.D. (Sijonawate Gakuean University, Japan), Prof. Dr. Nuryani Rustaman (UPI Bandung), Prof. Dr. Djoko T. Iskandar (AIP & ITB Bandung), Dr. Herawati Soekardi, MS. (Taman Kupu- Kupu Gita Persada Lampung), dan Ir. Anshori Djausal, MT. (Dewan Pakar Daerah – Lampung Tengah). Presentasi poster dan oral dibagi kedalam beberapa bidang kajian yang mendukung pemanfaatan biodiversitas dalam mewujudkan biobased ecogreen, yaitu Biomedik, Ecotourism, Bioekonomi, Bioedukasi, Bioteknologi, dan Ecogreen Landscape.

Di hari yang sama, rangkaian acara Seminar Nasional Biologi XXV juga dimeriahkan dengan Bazar yang bekerja sama dengan Darma Wanita Universitas Lampung. Bazar dibuka oleh Ibu Riana Sari Arinal Djunaidi  yang sekaligus Ketua Dekranasda Provinsi Lampung. Rangkaian seminar juga dimeriahkan dengan pameran oleh Yayasan Badak Indonesia (YABI) dan Taman Kupu- Kupu Gita Persada Lampung. Rangkaian kegiatan seminar diakhiri dengan pelaksanaan seminar paralel dari para pemakalah dari enam topik yang ada dalam seminar. [LD].n

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *