Category Archives: Dosen dan Pegawai

Pelatihan Kultur Jaringan Tumbuhan Karyawan KRL oleh Dosen Jurusan Biologi FMIPA Universitas Lampung

[September 2019]. Dalam rangka implementasi Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pengelolaan Kebun Raya Liwa (KRL) Balai Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Lampung Barat dengan Fakultas MIPA Universitas Lampung, maka dilaksanakan kegiatan magang pelatihan kultur jaringan tumbuhan pada 16-20 September 2019 di jurusan Biologi, Fakultas MIPA, Universitas Lampung.

Pelatihan ini dilakukan dengan mengundang 2 orang karyawan UPTD Pengelolaan KRL sebagai peserta, diikuti oleh 4 dosen sebagai pemateri, dan 2 mahasiswa pascasarjana sebagai asisten. Kegiatan ini dilakukan dengan pemberian materi pelatihan yaitu: lay out laboratorium kultur jaringan sederhana, sterilisasi alat, pembuatan media, penanaman eksplan, penyilangan, kultur organ, kultur kalus, aplikasi teknik kultur jaringan dalam bioteknologi tumbuhan, aklimatisasi, serta pengenalan penyakit tumbuhan. Selanjutnya juga dilakukan praktik meliputi: sterilisasi alat, pembuatan media, sterilisasi eksplan, dan penanaman eksplan.


Foto bersama peserta dan dosen pemateri.
Continue reading

Seminar Nasional PBI XXV 2019 di Universitas Lampung

[Agustus, 2019]. PBI Cabang Lampung bekerjasama dengan Jurusan Biologi FMIPA Universitas Lampung menyelenggarakan Kegiatan Seminar Nasional Biologi XXV. Kegiatan seminar yang berlangsung pada 25 – 27 Agustus 2019 ini merupakan agenda dua tahunan dari organisasi profesi Perhimpunan Biologi Indonesia (PBI). Tema yang diangkat dalam seminar ini  adalah “Pemanfaatan Biodiversitas dalam Mewujudkan Biobased Ecogreen”. Tema tersebut diangkat dalam mendukung kegiatan pemerintah dalam menciptakan green revolution, menginformasikan dan mencerdaskan masyarakat mengenai pelestarian lingkungan hidup terutama pemanfaatan biodiversitas di Indonesia, serta mewujudkan komunikasi dan kerjasama antar lembaga dan perguruan tinggi guna melestarikan biodiversitas di Indonesia.

“Seminar dihadiri oleh 142 orang peserta yang berasal dari 13 provinsi di Indonesia. Peserta terjauh datang dari Papua Barat sebanyak 4 orang, Kalimantan Barat 2 orang, Makassar 1 orang, D.I. Yogyakarta 1 orang, DKI Jakarta 8 orang, Riau 5 orang, Jambi 2 orang, Banten 1 orang, Jawa Barat 26 orang, Sumatera Selatan 1 orang, Bengkulu 2 orang, dan sedangkan peserta dari Lampung mencapai 89 orang”, ujar Dr. Herawati Soekardi, Ketua Panitia sekaligus Dosen Purnabakti dari Jurusan Biologi FMIPA Universitas Lampung. Seminar ini juga dihadiri oleh Rektor beserta Dekan FMIPA Universitas Lampung, Empat Kepala Dinas Pemda Lampung, Sekjen Kelembagaan – Kemenristekdikti, Ketua Umum PBI beserta beberapa orang Pengurus PBI Pusat, serta Para Narasumber/Pembicara Utama.

Continue reading